Manfaat Membaca 20 Menit Sehari Bagi Anak

Membaca 20 menit sehari memberikan banyak manfaat mulai dari meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, kreativitas, belajar, hingga konsentrasi.

Manfaat Membaca 20 Menit Sehari Bagi Anak
Image by jcomp on Freepik

Banyak sekolah yang sudah menerapkan kegiatan 15 menit membaca buku sebelum belajar. Kegiatan membaca ini sangat bermanfaat untuk perkembangan anak. Tapi sebenarnya, untuk meningkatkan dampak lebih luas, kegiatan ini juga perlu dilanjutkan di rumah. Karena hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca 20 menit per hari bisa berdampak besar, loh! Lalu, apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama.

1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Kosakata

Bacaan yang beragam dan teratur bisa membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Menurut penelitian Nagy & Herman (1987), anak yang membaca buku 20 menit sehari akan terpapar dengan 1,8 juta kata per tahun. Sehingga kosakata baru dan frasa dapat diperluas, membuat mereka lebih beragam dalam berkomunikasi. Dan tentunya, semakin luas kosakata mereka, semakin mudah mengungkapkan pikiran dan perasaan.

2. Memperkaya Imajinasi dan Kreativitas

Ketika membaca, anak terlibat dalam dunia cerita dan memvisualisasikan apa yang mereka baca. Hal ini dapat merangsang imajinasi mereka, membantu mereka mengembangkan wawasan, dan memicu kreativitas dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

3. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Hasil studi Nagy & Herman (1987) juga menunjukkan bahwa anak-anak yang membaca secara rutin memiliki kemampuan belajar yang lebih baik. Anak-anak yang punya kebiasaan membaca 20 menit sehari cenderung menduduki peringkat 10 besar pada tes. Selain itu, aktivitas membaca dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep dan fakta, serta membantu mereka mengasah keterampilan berpikir kritis.

4. Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Dengan membaca selama 20 menit sehari, anak-anak bisa melatih konsentrasi mereka. Fokus pada cerita di buku membantu mereka belajar tentang ketekunan dan memusatkan perhatian mereka pada satu hal dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini pun bisa membantu meningkatkan kualitas belajar di sekolah.

5. Membangun Hubungan Emosional

Waktu membaca juga bisa menjadi momen yang berharga untuk menghabiskan waktu bersama anak. Membaca cerita sambil bercengkerama bisa membangun hubungan yang lebih dekat antara orang tua dan anak. Selain itu, dapat memperkuat ikatan emosional dan menciptakan kenangan indah bersama.‌‌‌‌

Pastikan Komitmen Baca Harian

Lakukan pendekatan proaktif untuk mengetahui apakah anak secara konsisten mencapai waktu membaca harian selama setidaknya 20 menit.

Dengan melihat tabel rinci durasi baca harian  setiap anak pada Dasbor aplikasi PiBo, guru dan orang tua tidak hanya dapat mengikuti perjalanan membaca mereka tetapi juga mendapatkan wawasan tentang preferensi baca anak seperti mengetahui topik yang menarik bagi anak-anak, pemahaman tentang minat mereka, serta mengidentifikasi potensi tantangan jika seorang anak mengalami kesulitan pada buku-buku dengan jenjang baca tertentu.

Fitur ini tidak hanya memberdayakan guru dan orang tua untuk tetap terinformasi, tetapi juga memperkuat komitmen untuk membentuk budaya membaca yang teratur, berkontribusi pada kesuksesan pendidikan anak secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, luangkan 20 menit sehari untuk membaca bersama anak-anak. Dengan konsistensi dan kedekatan ini, kita bisa mengubah dunia mereka dan memberikan mereka bakat terbaik yang mereka butuhkan. Happy reading! 📚✨