Ngobrol bareng Penulis "Siapa yang Kentut?"

Kenalan dengan Noor H. Dee, penulis buku anak "Siapa yang Kentut?"

Ngobrol bareng Penulis "Siapa yang Kentut?"

Hai sahabat PiBo! PiBo punya kabar seru nih buat kalian semua! PiBo baru aja wawancara dengan penulis buku "Siapa yang Kentut?" yaitu Kak Hadi! Kalian pasti penasaran, kan? Nah, aku bakal cerita hasil wawancaranya buat kalian. Yuk, simak!

Hai Kak Hadi! Nama pena Kak Hadi, Noor H. Dee, itu unik banget, deh! Boleh tau asal mula nama itu dari mana?

Hai juga! Awalnya, di komunitas menulis, ada teman yang punya nama yang persis sama kayak aku. Aku sampe bingung, kok bisa ya namanya sama persis? Jadi, aku mulai kepikiran buat cari nama pena yang lain. Akhirnya, muncul lah nama Noor H. Dee. Kalau diucapin, sebenarnya itu masih nama asli aku, loh.

Wah, jadi buku "Jus Puisi" dan "Siapa yang Kentut?" ditulis dan diilustrasikan oleh Kak Hadi sendiri, ya? Cerita dong, bagaimana bisa mengilustrasikan buku itu? Soalnya, kan, aku denger Kak Hadi itu penulis dan editor, apakah ada hobi atau background menggambar sebelumnya?

Iya, betul banget! Awalnya, aku pengen banget bikin buku anak yang aku tulis dan ilustrasikan sendiri. Meskipun aku sadar kemampuan menggambarku cukup menyedihkan, aku cuek aja. Karena ini kan buku hasil karyaku, jadi aku merasa bebas untuk melakukan apa aja. Hehehe. Selain itu, sejak kecil aku emang suka menggambar dan belajar menggambar dari Youtube.

Nah, aku penasaran nih, sumber inspirasi Kak Hadi waktu menulis buku "Siapa yang Kentut?", dan apakah sengaja mau menulis genre humor?

Iya, aku memang pengen nulis buku anak yang ber-genre humor. Soalnya, menurutku buku humor untuk anak di Indonesia masih sedikit banget. Padahal, buku-buku humor itu penting banget, karena bisa bikin anak-anak jadi suka baca. Anak-anak akan merasa kalau buku itu seru banget. Lagian, banyak banget buku humor untuk anak di luar sana. Nah, kenapa aku milih tema kentut? Karena anak-anak suka banget sama candaan-candaan yang ada hubungannya sama toilet, (ini ada penelitiannya, loh).

Siapa yang Kentut?

Saat Singa mengadakan pesata, tiba-tiba terdengar suara kentut. DUUUT! Semua hewan pun terkejut. "Siapa yang kentut?"

Baca di PiBo

Waktu baca buku "Siapa yang Kentut?", aku lihat tokohnya adalah binatang atau fabel. Mengapa memilih karakter-karakter seperti itu?

Sebagian besar anak-anak suka cerita yang tokohnya hewan. Jadi, di buku "Siapa yang Kentut?", aku pilih hewan-hewan yang favorit anak-anak. Aku harap anak-anak jadi lebih suka sama bukuku.

Menurut Kak Hadi, apakah buku anak harus selalu punya pesan moral? Atau tidak harus ada, yang penting disukai anak-anak? Nah, buku "Siapa yang Kentut?" ada pesan moralnya gak?

Menurutku, pesan moral itu penting banget dalam sebuah karya, terutama untuk anak-anak. Tapi, menyisipkan pesan moral dalam cerita itu butuh keahlian yang baik, biar ceritanya nggak terasa seperti ceramah atau penuh nasihat yang membosankan. Pesan dalam cerita harus halus dan tersirat. Nah, buku "Siapa yang Kentut?" ada pesan moralnya, bahkan lebih dari satu. Kira-kira, kamu dapat pesan apa dari buku itu?

Kak Hadi, aku penasaran nih, buku apa yang jadi favorit kamu waktu masih kecil?

Waktu kecil, aku suka banget baca buku "5 Sekawan" karangan Enid Blyton. Aku sering banget berkhayal ikutan petualangan seru mereka setiap kali baca bukunya.

Terakhir nih, Kak Hadi, ada pesan buat pembaca buku "Siapa yang Kentut?" nggak?

Halo semuanya! Makasih banyak udah baca buku "Siapa yang Kentut?" Aku harap kalian terhibur dan bisa tertawa. Meskipun mungkin hidup kalian berat dan hati kalian sedih, aku berharap dengan baca buku "Siapa yang Kentut?", hidup kalian jadi terasa lebih ringan, sedihnya berkurang, dan kalian jadi bahagia. Aamiin.

Nah, itu dia hasil wawancara dengan penulis buku anak yang super seru, Kak Hadi! Kalian pasti jadi makin penasaran, kan? Ayo, buruan baca bukunya, "Jus Puisi" dan "Siapa yang Kentut?"! Semoga kalian suka dan terhibur! Sampai jumpa lagi di wawancara selanjutnya!