SDG Book Club 4: Menyelamatkan Dunia dengan Buku

Rekomendasi Buku Anak untuk Sustainable Development Goal 13 sampai 17!

SDG Book Club 4: Menyelamatkan Dunia dengan Buku

Hai, teman-teman pemberani! Apa kabar? Kalian siap untuk melanjutkan petualangan kita dalam dunia buku? Sekarang, kita akan menjelajahi Sustainable Development Goals (SDG) 13-17 dengan membaca buku-buku yang menyenangkan. Ayo, mari kita lanjutkan petualangan literasi kita!

SDG 13: Climate Action - Ramuan Ajaib Penyelamat Negeri

Cerita tentang petualangan dua orang anak menyelamatkan negeri tercintanya dari kekeringan. Mereka menyusuri jalan setapak untuk menemukan resep ramuan ajaib yang bisa mengembalikan kesuburan negerinya dengan cara membuat kompos. Dari buku ini kita belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan cara membuat kompos.

Negeri Loh Jinawi, tanahnya subur berkat ramuan ajaib Empu Tantu. Suatu malam ia pergi dan tak kunjung kembali. Tanah dan sungai tak lagi seperti dulu. Dapatkah Rima dan Rimba menyelamatkannya?

Baca di PiBo

SDG 14: Life Below Water - Balas Budi Monta

Buku ini bercerita tentang ikan pari manta yang ingin bertemu Tobi, sahabatnya, di Pantai Hijau. Namun, Pantai Hijau penuh dengan sampah! Monta tidak dapat menemui Tobi. Ternyata Tobi dan warga sekitar membantu membersihkan sampah di Pantai Hijau. Kita bisa belajar tentang pentingnya menjaga laut kita bersih dan aman bagi ikan-ikan dan makhluk laut lainnya. Ayo, jadi penyelamat laut!

Monta, si pari manta, tampak gelisah. Ia sudah berjanji kepada Tobi, si anak pantai, untuk menyelam bersama. Sayang, Monta tak dapat menemui Tobi yang menunggunya di Pantai Hijau. Mora, ikan remora sahabat Monta, ingin membantunya. Apakah Mora bisa membantu sahabatnya memenuhi janji pada Tobi? Buku ini termasuk ke dalam seri Lindungi Lautku.

Baca di PiBo

SDG 15: Life on Land - Rumah untuk Ge

Berkisah tentang seekor gajah bernama Ge yang ditangkap oleh pemburu dan dipekerjakan dengan semena-mena. Sampai suatu hari, Ge akhirnya berhasil melarikan diri, ia segera menuju ke rumahnya. Tetapi, pohon-pohon di hutan tempat ia tinggal pun sudah ditebang habis oleh manusia. Buku ini mengajarkan tentang kepedulian dan kecintaan terhadap satwa termasuk pula hutan dan pepohonon yang seharusnya tidak ditebang sembarangan karena merupakan habitat satwa tersebut.

Ge tidak betah di tempat ini. Di sini Ge diperlakukan dengan kasar, dipaksa bekerja walau lelah. Begitu ada kesempatan, Ge segera melarikan diri. Namun ... oh-oh, di mana rumah Ge? Di sekitar Ge hanya tampak tanaman yang tidak dikenalnya. Belum lagi, manusia meneriaki dan mengejarnya. Ke mana Ge harus berlari? Buku ini termasuk dalam seri Bianglala Anak Nusantara.

Baca di PiBo

SDG 16: Peace, Justice and Strong Institutions - Kumpulan Cerita Indahnya Demokrasi

Buku ini berisi kumpulan cerita tentang nilai-nilai demokrasi, yaitu: bebas berpendapat, menghargai pendapat orang lain, adil, bertanggung jawab, dan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri. Dengan belajar berdemokrasi, berarti kita telah ikut membantu mempersiapkan sebuah generasi penerus bangsa yang memegang teguh nilai-nilai demokrasi.

Dio menjadi ketua tim futsal, teman-temannya merasa Dio pilih kasih. Ada cerita Ais yang bingung saat kedua sahabatnya bermusuhan. Semua cerita ini akan mengajak kita memahami nilai-nilai demokrasi.

Baca di PiBo

SDG 17: Partnerships for the Goals - Semut Merah dan Semut Hitam

Cerita ini mengisahkan tentang sekelompok semut merah yang berlatih untuk mengikuti lomba estafet. Ternyata para semut merah malah bertengkar dan mau menang sendiri. Namun akhirnya para semut merah bisa kompak dan memenangkan lomba estafet itu. Dari cerita ini kita belajar bahwa dengan bekerja sama, kita bisa mencapai lebih banyak hal. Ayo, jadi bekerja sama!

Noni Semut mendapat tugas untuk memimpin Tim Semut Merah. Padahal, semut merah terkenal tidak bisa bekerja sama. Apa yang akan dilakukan Noni, ya? Bagaimana cara Noni mengajarkan kerjasama pada timnya?

Baca di PiBo

Nah, teman-teman, buku-buku ini akan membantu kita memahami dan mendukung SDG 13-17. Masing-masing kisah akan membawa kita dalam petualangan yang seru sambil belajar tentang cara kita bisa menyelamatkan dunia ini. Jadi, ayo ambil buku-buku ini dari rak buku kalian dan mulailah petualangan baru!

Ingat, kita semua memiliki peran penting dalam menjaga Bumi kita tetap indah dan aman. Dengan membaca dan belajar dari buku-buku ini, kita bisa menjadi pahlawan kecil yang menyelamatkan dunia!