Mempersiapkan Murid untuk Mengikuti AKM Literasi dan Numerasi bersama PiBo

Persiapkan murid hadapi AKM Literasi dan Numerasi. Gemar membaca, berpikir kritis, membaca cepat, strategi soal. Manfaatkan PiBo untuk sukses AKM!

Mempersiapkan Murid untuk Mengikuti AKM Literasi dan Numerasi bersama PiBo
Image by katemangostar on Freepik

Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah langkah penting dalam pendidikan. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN), disamping adanya survei karakter dan survei lingkungan belajar. AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang harus dimiliki semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur dalam AKM yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Tipe soal AKM berbeda dengan tipe soal Ujian Nasional, di mana semua soal AKM diberikan  konteks (personal, sosial budaya, dan  sains) maka sangat diperlukan pemikiran komprehensif murid terhadap suatu permasalahan. Agar bisa mudah mengerjakan AKM, murid perlu melakukan beberapa kebiasaan penting yang mendukung, diantaranya:

Latih Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Gemar Membaca

Kemampuan literasi menjadi salah satu indikator dalam AKM. Maka sangat penting bagi murid untuk memiliki kebiasaan gemar membaca. Kebiasaan ini akan membuat murid bisa lebih mudah memahami isi bacaan. Tentu ini akan sangat dibutuhkan dalam mengerjakan soal AKM nantinya.

PiBo sebagai aplikasi pembelajaran yang dilengkapi buku digital dalam beragam tema, dapat menyediakan sumber bacaan fiksi maupun non fiksi kepada murid. Dengan tampilan dan fitur yang menarik, PiBo dapat mendorong murid untuk lebih gemar membaca.

Kembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Cerita

AKM literasi tidak mengujikan materi hapalan atau yang jawabannya ada di buku teks pelajaran. AKM numerasi juga bukan permasalahan menggunakan rumus matematika. Tetapi bagaimana menggunakan logika kita untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan kehidupan dengan bantuan rumus matematika. Jadi, kemampuan murid untuk berpikir kritis dan logis penting untuk dapat menjawab soal AKM.

Kemampuan berpikir kritis dapat dilatih dengan menjawab pertanyaan atau diskusi mengenai isi bacaan. PiBo menyediakan Lembar Bermain yang terkait dengan buku bacaan yang ada di PiBo. Pada rubrik "Obrolan Buku" atau "Stop dan Renungkan" terdapat pertanyaan seputar isi bacaan yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis.

Ajarkan Teknik Membaca Cepat

Agar mendapat hasil yang optimal dalam waktu yang terbatas maka murid perlu membaca dan menjawab soal secara cepat. Kemampuan murid untuk bisa membaca cepat dan cermat perlu dilatih. Untuk itu, guru perlu memberi latihan membaca cepat kepada murid. Ajak murid untuk fokus dan cari ide pokok dari setiap bacaan.

Fitur 'Riwayat Baca' di PiBo dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memantau perkembangan kecepatan membaca murid. Dalam 'Riwayat Baca' terdapat data durasi baca per buku yang bisa menjadi indikator kecepatan membaca murid. Melalui PiBo, guru dapat terus melatih kemampuan murid agar dapat membaca cepat namun teliti dan pantau perkembangannya dengan data yang terukur.

Terapkan Strategi Menjawab Soal

Menerapkan strategi ketika menjawab soal pun menjadi penting karena murid akan diminta mengerjakan 36 soal dalam waktu 90 menit. Berikut ini beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam menjawab soal AKM.

  1. Kerjakan terlebih dulu soal yang dianggap paling mudah.
  2. Cari dan coret pilihan jawaban yang salah.
  3. Perhitungkan jumlah soal dan target nilai.
  4. Jangan biarkan ada jawaban kosong.

Persiapan AKM Literasi dan Numerasi adalah tugas yang penting dalam pendidikan murid. Dengan memanfaatkan PiBo, guru dapat membantu murid meraih keberhasilan yang lebih besar. Pastikan guru mengidentifikasi kebutuhan setiap murid, memberikan akses ke sumber daya pelajaran, dan memberikan dukungan yang diperlukan agar mereka siap menghadapi ujian dengan percaya diri. Dengan langkah-langkah ini, murid akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai hasil yang memuaskan dalam AKM Literasi dan Numerasi.